Tempat Layanan Bank Garansi Terbaik Kebutuhan Bisnis di Malang – Jaminan yang diberikan kepada pihak tertentu ketika faksi yang ditanggung tidak menjalankan kewajibannya disebut dengan bank garansi. Adapun jaminan yang akan diberikan berbentuk sebuah sertifikat dari pihak bank dan diperuntukkan ketika pihak kontraktor ingkar terhadap kewajibannya.
Jaminan tersebut berisi pernyataan bahwa pihak bank akan memenuhi kewajiban yang sudah dijaminkan sesuai perjanjian. Perlu Anda ketahui bila tidak semua bank memberikan jasa garansi seperti pengertian di atas. Sebab, hanya bank dengan popularitas terbaik yang bisa menyediakan layanan tersebut.
Dalam penerapan fasilitas bank garansi, biasanya melibatkan tiga pihak dalam sebuah perjanjian kerjasama. Adapun pihak pertama merupakan penjamin, bisa berupa bank yang menerbitkan jaminan pada nasabah. Pihak kedua yaitu pihak terjamin yang mana merupakan nasabah bank terkait.
Pada layanan bank garansi, pihak terjamin merupakan orang membuat permohonan terkait agunan bank. Selanjutnya pihak ketiga adalah penerima jaminan yang nantinya menerima jaminan dari nasabah. Dalam layanan bank garansi, ketiganya akan memperoleh manfaat masing-masing.
Dasar hukum dari penyelenggaraan bank garansi didasari oleh kesepakatan dalam KUH Perdata Pasal 1820 – 1850. Bank jaminan juga sesuai dengan edaran BI yang sudah termuat dalam SK direksi tentang pemberian agunan. Layanan ini tentu saja akan meningkatkan kredibilitas bank di mata para nasabahnya.
Tujuan Adanya Layanan Bank Garansi
Adanya bank garansi bertujuan untuk memberikan kontribusi yang akan mempermudah berjalannya bisnis maupun tender. Berkat adanya bank garansi, maka masyarakat bisa mengerjakan bisnis atau proyek dengan nyaman tanpa adanya kekhawatiran. Sebab, bank garansi secara tidak langsung menekan kerugian masing-masing pihak.
Bagi pihak bank tujuan layanan ini adalah memberikan bantuan fasilitas dan kemudahan transaksi. Sedangkan untuk pemegang jaminan, layanan bank garansi memberikan keyakinan bahwa penjamin tidak akan mendapatkan kerugian ketika pihak yang dijaminkan lalai mengerjakan tugasnya.
Apalagi kebanyakan negosiasi terjadi pada kerjasama yang bersifat baru, di mana masing-masing pihak masih belum saling mengenal dan percaya. Dengan kata lain, adanya bank garansi mampu memberikan kepercayaan apabila pemegang agunan mampu terhindar dari potensi rugi apabila pihak lain ingkar.
Sebaliknya bagi pihak pemberi agunan tidak akan menanggung derita rugi selama jaminan yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang ada. Sebab, pihak nasabah juga akan takut untuk melalaikan kewajiban sebab ada agunan yang ditinggalkan di bank selama kerjasama bisnis berlangsung.
Manfaat Bank Garansi Untuk Kebutuhan Bisnis
Anda mungkin bertanya-tanya seberapa penting layanan bank garansi diperlukan dalam memulai bisnis. Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat memastikan manfaat yang akan diterima dari penyedia layanan tersebut. Inilah beberapa manfaat jasa bank garansi bagi setiap pihak yang terkait di dalam perjanjian bisnis:
1. Bagi Obligee
Perlu Anda ketahui, sebutan obligee merupakan perusahaan atau pemilik proyek yang memberikan kerja. Obligee berperan untuk memberikan jaminan pada pemilik pekerjaan. Bila Anda menggunakan layanan bank jaminan, maka pihak obligee akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:
- Mengurangi pengaruh inflasi.
- Persediaan untuk barang dan penyimpanan relatif kecil.
- Mendapatkan jaminan pelaksanaan proyek.
- Lebih mudah dalam menyusun anggaran, sebab sudah jasa penyedia barang sudah terkontrak.
2. Bagi Principal
Badan atau perseorangan dalam perjanjian yang berperan memberikan amanat kepada pihak lain untuk melaksanakan proyek tertentu disebut principal. Dalam layanan bank garansi, pihak principal atau kontraktor akan mendapatkan sejumlah manfaat yang disajikan sebagai berikut:
- Memperoleh kepastian pekerjaan.
- Memenuhi syarat untuk mengikuti lelang tender.
3. Bagi Penjamin (Bank)
Tidak hanya dari pihak obligee saja yang akan memperoleh manfaatnya. Sebab, pihak penjamin yang berkaitan juga akan merasakan sisi positif dari layanan bank jaminan. Berikut beberapa manfaat yang akan diterima oleh penjamin atau pihak bank:
- Memperluas produk dan layanan bank.
- Menjadi salah satu pendapatan bagi bank dari adanya komisi atau provisi
- Sarana penyaluran kredit yang mudah.
- Menjadi sumber dana bank apabila agunan diberikan secara tunai.
PT Mitra Jasa Insurance siap melindungi proyek Anda dengan berbagai jaminan sebagai layanan utama kami. Hubungi kami segera untuk mendapatkan Informasi mengenai Tempat Layanan Bank Garansi Terbaik Kebutuhan Bisnis di Malang.
Kontak Kami :
PT.MITRA JASA INSURANCE
GEDUNG EPIWALK LT.5 UNIT B 547-548 KOMPLEK RASUNA EPICENTRUM ,JL.HR RASUNA SAID RT.002 RW.005 KARET KUNINGAN SETIA
Email : Siratbms90@gmail.com
Hubungi VIA WA 081293855599
Informasi Lainnya :