Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar

Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar – Ada berbagai jenis jaminan yang bisa Anda terbitkan dari jasa bank garansi. Anda dapat menyesuaikan dengan transaksi bisnis yang sedang dijalankan.

Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar

Berikut rincian jenis-jenis bank garansi:

1. Bid Bond

Jenis bank garansi pertama adalah bid bond (jaminan penawaran). Sesuai namanya, bank garansi tersebut diterbitkan saat proses lelang tender. Bid bond merupakan jaminan yang dikeluarkan oleh bank sesuai permohonan principal supaya dapat mengikuti lelang.

Principal adalah nasabah bank atau perusahaan yang ingin mengikuti tender di suatu proyek. Dasar penerbitan dari bid bond adalah undangan tender. Bukan hanya agar principal bisa ikut lelang, jaminan penawaran juga bermanfaat bagi pemilik proyek.

Bid bond dijadikan bukti kalau principal akan bersungguh-sungguh mengikuti tender. Kalau setelah diputuskan sebagai pemenang tender principal mengundurkan diri, maka obligee dapat mengklaim jaminan. Nilainya sesuai dengan yang tertera dalam perjanjian.

2. Performance Bond

Jaminan berikutnya yang termasuk dalam jenis bank garansi yaitu performance bond (jaminan pelaksanaan). Perjanjian ini diterbitkan setelah masa lelang, yakni saat principal melaksanakan proyek. Dasar penerbitan performance bond adalah:

  • Pengumuman pemenang tender.
  • Surat perjanjian borong.
  • Purchase order.
  • Surat perintah kerja.

Performance bond adalah jaminan yang diterbitkan sesuai permohonan nasabah untuk melaksanakan tugas. Jaminan pelaksanaan ditujukan untuk obligee bahwa kontraktor akan menjalani keharusannya. Bank menjamin kalau kontraktor menyelesaikan pekerjaannya sampai rampung.

Apabila di tengah pelaksanaannya principal tidak memenuhi tugas sesuai proyek, maka Anda dapat mengajukan klaim jaminan kepada bank. Pihak penjamin akan membantu principal untuk memberikan ganti rugi. Selanjutnya, bank menerima uang provisi dari terjamin.

3. Advance Payment Bond

Salah satu jenis jaminan yang Anda peroleh dari bank garansi adalah advance payment bond. Jaminan tersebut diterbitkan bank sesuai permohonan nasabah agar bisa menarik uang muka. Advance payment bond dikeluarkan dalam pengadaan barang atau pekerjaan proyek.

Adanya jaminan uang muka membuat kelangsungan proyek bisa diperkuat. Pasalnya pihak pekerja proyek dan supplier dipastikan memperoleh bayarannya. Sedangkan bagi principal, advance payment bond menjadi bukti hukum yang kuat.

Ketika principal melakukan tindakan wanprestasi dan tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak, maka principal mendapatkan pengembalian uang muka. Bank adalah lembaga yang mencairkan jaminan. Nilai advance payment bond yaitu 20 persen dari proyek.

4. Maintenance Bond

Selanjutnya adalah maintenance bond (jaminan pemeliharaan). Pengertian dari maintenance bond yaitu jaminan bank yang diterbitkan atas permohonan nasabah untuk menjalani perawatan proyek. Jaminan pemeliharaan dikeluarkan setelah proyek 100 persen sudah selesai.

Maintenance bond ditujukan untuk obligee kalau nasabah bank akan menjalani pembetulan saat masa perawatan. Periode jaminan pemeliharaan tergantung kesepakatan dua pihak, biasanya 6—12 bulan. Sedangkan besarnya 5—10 persen nilai proyek.

5. Purchasing Bond dan Payment Bond

Kedua jenis bank garansi ini diterbitkan dalam transaksi pengadaan barang dan jasa. Purchasing bond yaitu surat yang dikeluarkan bank sebagai jaminan atas terselesaikannya pembelian barang. Sedangkan payment bond ditujukan untuk menanggung obligee kalau terjamin bisa melunasi pembayaran.

6. Custom Bond

Jenis bank garansi yang terakhir adalah custom bond. Sesuai namanya, jaminan tersebut dapat diterbitkan untuk berbagai transaksi. Contoh dari custom bond yaitu jaminan yang ditujukan kepada Ditjen Bea dan Cukai atas kemungkinan eksportir/importir tidak menuntaskan kewajibannya.

Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar

Manfaat Bank Garansi

Tiga pihak yang terkait dalam bank garansi adalah principal, obligee, dan bank. Ketiganya mendapatkan manfaat atas diterbitkannya bank guarantee. Jadi bukan hanya penerima jaminan saja yang untung, tapi jasa bank garansi juga mendapatkannya.

Bagi principal, bank garansi bisa dijadikan sebagai persyaratan agar dapat mengikuti lelang tender. Bank guarantee juga memberikannya kepastian atas suatu pekerjaan dan penjualan barang. Manfaat lainnya yaitu pihak principal dipastikan memperoleh barang dari penjual.

Sedangkan bagi obligee, bank guarantee memberikan banyak manfaat. Anda akan memperoleh jaminan atas pekerjaan yang dilakukan oleh principal. Karena ada jaminan pelaksanaan dan pemeliharaan, tingkat kerusakan bisa diminimalisir.

Bank garansi juga memberikan keuntungan bagi lembaga yang menerbitkannya. Bank guarantee menjadi sumber pemasukan bank yang diperoleh dari komisi penerbitan. Selain itu, bank garansi memperluas kegiatan operasional bank dan sumber dana jika agunannya berupa uang tunai.

Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar

PT Mitra Jasa Insurance siap melindungi proyek Anda dengan berbagai jaminan sebagai layanan utama kami. Hubungi kami segera untuk mendapatkan Informasi mengenai Info Perusahaan Penyedia Penerbitan Bank Garansi Terbaik di Gianyar.

Kontak Kami :

PT.MITRA JASA INSURANCE
GEDUNG EPIWALK LT.5 UNIT B 547-548 KOMPLEK RASUNA EPICENTRUM ,JL.HR RASUNA SAID RT.002 RW.005 KARET KUNINGAN SETIA

Email : Siratbms90@gmail.com

Hubungi VIA WA 081293855599

Info Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *