Berikut Manfaat Bank Garansi Yang Bisa Anda Dapatkan

Berikut Manfaat Bank Garansi Yang Bisa Anda Dapatkan – Dilansir dari Wikipedia Bahasa Inggris, Bank Garansi bisa diartikan sebagai suatu jaminan yang diterbitkan oleh organisasi pemberi jaminan (dalam hal ini berupa bank). Bank Garansi menjadi tanda bahwa Lembaga Penjamin memastikan debitur/principal/nasabahnya akan memenuhi kewajibannya pada obligee/penerima jaminan.

Dengan kata lain, apabila nasabahnya gagal memenuhi kewajibannya/wanprestasi/cidera janji. Maka, pihak bank akan menanggungnya. Jaminan yang diberikan oleh pihak bank ini memungkinkan debitur/principal/nasabahnya untuk melaksanakan suatu pekerjaan, mengikuti lelang, memperoleh barang, dan sejenisnya.

Bank Garansi ini dikeluarkan secara khusus oleh bank penerbit yang diberikan kewenangan untuk menerbitkan jaminan ini. Manfaat Bank Garansi sendiri sangat banyak, baik bagi pihak penjamin, terjamin, atau penerima jaminan.

Bank Garansi vs Letter of Credit

Bank Garansi ini sebenarnya mirip dengan Letter of Credit, hanya saja keduanya berbeda. Dimana Letter of Credit adalah suatu mekanisme pembayaran yang sering digunakan dalam bisnis perdagangan internasional untuk memberikan jaminan ekonomi bank yang layak kredit kepada para eksportir barang.

Berikut ada beberapa perbedaan Bank Garansi dengan Letter of Credit :

  • Letter of Credit memiliki resiko yang lebih besar bagi pihak bank namun lebih sedikit untuk pihak pedagang. Sementara, Bank Garansi memiliki resiko yang lebih besar bagi pedagang namun lebih sedikit untuk bank.
  • Dalam Letter of Credit ada 5 pihak yang terlibat dalam perjanjian. Pihak tersebut adalah pemohon, penerima, bank penerbit, bank penasihat, bank negosiasi dan bank konfirmasi (mungkin atau mungkin tidak). Sementara itu, dalam Bank Garansi hanya ada 3 pihak yang terlibat yakni Penjamin (Bank), Terjamin (nasabah/principal), dan Penerima Jaminan (Obligee).
  • Letter of Credit lebih cocok digunakan dalam bisnis impor-ekspor. Sementara, Bank Garansi lebih sesuai untuk kontrak pemerintah.
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Bank Garansi

Ada banyak sekali Manfaat Bank Garansi yang bisa Anda dapatkan. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari penerbitan Bank Garansi Menurut Malayu S.P Hasibuan (2006:142) :

Bagi Principal

  • Sebagai syarat agar principal dapat mengikuti lelang tender (dalam pekerjaan konstruksi) atau mendapatkan barang dari penjual (Payment Bond).
  • Mendapatkan kepastian pekerjaan dan penjualan barang-barang.

Bagi Obligee

  • Memudahkan penyusunan anggaran lantaran penyediaan barang telah dikontrak/leveransir.
  • Pelaksanaan proyek/pekerjaan lebih terjamin lantaran penjaminnya adalah 2 pihak (penyedia dan bank penerbit jaminan).
  • Persediaan teknis barang-barang jadi relatif lebih sedikit, dengan tingkat kerusakan kecil, dan pergudangan/penyimpanan juga kecil, persediaan barang-barang cukup dengan persediaan ekonomis saja.
  • Mengurangi pengaruh inflasi karena pembelian telah dijamin kontraktor/leveransir Bank Garansi.

Bagi Bank/Penjamin

  • Bisa jadi salah satu sumber pendapatan bagi bank tersebut (melalui provisi atau komisi atas penerbitan bank garansi).
  • Penerbitan Bank Garansi juga bisa jadi salah satu sumber dana bagi bank, jika agunan Bank Garansi berupa uang tunai.
  • Memperluas kegiatan operasional, produk & layanan bank itu sendiri.
  • Sarana penyaluran kredit tanpa dana sendiri.

Nah, itulah artikel tentang Berikut Manfaat Bank Garansi Yang Bisa Anda Dapatkan

Berikut Manfaat Bank Garansi Yang Bisa Anda Dapatkan

Tempat Menerbitkan Bank Garansi Terbaik untuk Anda!

Apakah Anda saat ini tengah membutuhkan Bank Garansi ini? Masih bingung bagaimana cara menerbitkannya? Atau Anda belum terlalu paham dengan prosedur pengajuannya? Jangan khawatir, Anda bisa berkonsultasi pada kami untuk penerbitan Bank Garansi ini!

Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, dukungan staf yang profesional, serta jaringan yang luas. Kami yakin kami mampu memenuhi setiap kebutuhan jaminan Anda. Baik berbentuk Bank Garansi atau Surety Bond!

Hubungi Contact Person kami sekarang juga ya!

Baca juga:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *