Berbagai Keuntungan Surety Bond bagi Pemilik Proyek

Beragam Keuntungan Surety Bond untuk Pemilik Proyek – Pada umumnya, keuntungan yang didapat Pemilik Proyek atas kehadiran Surety Bond ini sama dengan Bank Garansi, karena ke-2 nya sama berperan sebagai agunan.

Bagi Pemilik Proyek, Surety Bond ini bisa meminimalkan risiko rugi dan melindungi Pemilik Proyek pada perlakuan wanprestasi yang muncul karena tidak memenuhi kewajiban Eksekutor Proyek.

Disamping itu, Keuntungan Surety Bond untuk Pemilik Proyek yang lain ialah : Mempermudah pengaturan bujet karena pengadaan barang sudah dikontrak/leveransir, Pelaksanaan proyek lebih terjamin karena penjaminnya dua faksi (Bank dan faksi Eksekutor proyek), Persediaan tehnis beberapa barang lebih sedikit, kerusakan kecil, dan pergudangan kecil, persediaan beberapa barang cukup hanya stok ekonomis saja, dan Dampak inflasi bisa dikurangi sebab pembelian sudah ditanggung kontraktor/leveransir Bank Garansi.

Sepintas Berkenaan Surety Bond

Surety Bond ialah satu kesepakatan di antara 3 faksi yaitu Penjamin (Surety Company) atas dasar apa yang diyakininya untuk Terjamin/Principal/Pelaksana Proyek secara Bersama janji ke Yang menerima Jaminan/Pemilik Proyek/Obligee/Bouwheer bila Pihak Terjaga tidak berhasil melakukan tugas atau tidak berhasil membayar sesuai kesepakatan yang berjalan. Bila ini terjadi, karena itu Penjamin akan bertanggungjawab untuk menuntaskan kewajiban terjaga dengan mencairkan jaminan itu.

Tipe-Jenis Surety Bond

  • Bid Bond : Sebagai Surety Bond yang diberikan kepada pemilik proyek (Bouwheer) untuk kebutuhan kontraktor yang hendak ikuti tender atas suatu proyek, dalam masalah ini faksi yang ditanggung ialah kontraktor itu.
  • Performance Bond : Adalah Surety Bond yang diserahkan kepada pemilik proyek (Bouwheer) untuk kebutuhan kontraktor untuk jamin pelaksanaan pekerjaan atau proyek oleh kontraktor itu.
  • Advance Payment Bond : Tipe Surety Bond yang diserahkan ke pemilik proyek (Bouwheer) untuk kebutuhan kontraktor atas uang muka yang terterima oleh kontraktor itu
  • Retention Bond : Model Surety Bond yang diserahkan kepada pemilik proyek (Bouwheer) untuk kebutuhan kontraktor buat jamin perawatan atas proyek yang sudah dituntaskan oleh kontraktor itu.
  • Jaminan Sanggah Banding : Jaminan yang diedarkan oleh Penjamin ke Yang menerima Agunan untuk jamin Terjaga/Principal lakukan banding ke Obligee/Bouwheer atas informasi lelang yang dikatakan oleh Obligee/Bouwheer.

Beragam Keuntungan Surety Bond untuk Pemilik Proyek

Dasar Hukum Surety Bond

Tidak seperti Bank Garansi, sebetulnya tidak ada ketetapan yang jamin mengenai Surety Bond ini dengan detail. Berdasar pengertian-pengertiannya, konsep Surety Bond sendiri dapat disetarakan dengan kesepakatan agunan perseorangan yang ada dalam Pasal 1820 – Pasal 1850 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer).

Karena konsepnya Surety Bond ini sebagai kesepakatan penanggungan. Karena itu, Surety Bond ini sebagai kesepakatan accesoir yaitu kesepakatan yang lahir karena beralihnya dan usai/hapusnya tergantung pada kesepakatan dasarnya. Berkenaan karakter accesoir ini, bisa disaksikan dalam pasal 1821 KUHPer :

“Tidak ada penanggungan jika tidak ada perikatan pokok yang syah menurut undang-undang. Namun orang bisa melangsungkan penanggungan pada suatu perikatan, meskipun perikatan itu bisa dihentikan dengan sanggahan berkenaan diri sendiri debitur misalkan dalam soal belum cukup usia.”

Berbagai Keuntungan Surety Bond bagi Pemilik Proyek

Ringkasan Beragam Keuntungan Surety Bond

Apa Anda masih bimbang pilih Surety Company/Bank terbaik yang dapat membuat Surety Bond ini untuk Anda? Jangan kuatir untuk mengontak kami ya.

Kami ialah Perusahaan Agen Penjamin Terpercaya yang fokus dalam sektor Layanan Jasa Pemasaran dan Penerbitan Produk Penjaminan Proyek/Tugas Tanpa Jaminan/Collateral 100% berbentuk Bank Garansi/Guarantee yang diedarkan oleh Perusahaan Perbankan dan Surety Bond yang diedarkan oleh Perusahaan Penjaminan yang sudah punyai ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Demikian artikel mengenai Beragam Keuntungan Surety Bond untuk Pemilik Proyek, mudah-mudahan berguna ya.

Simak juga informasi menarik yang lain:

Baca Juga Info Lainnya:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *