Layanan Jasa Bank Garansi

Apa Saja Manfaat Bank Garansi Bagi Pemilik Proyek? Simak Ulasannya Berikut Ini

Manfaat Bank Garansi Bagi Pemilik Proyek – Anda yang kerap tersangkut dengan transaksi (khususnya yang berskala besar) tentu sering memakai beragam jenis jaminan. Salah satunya misalnya berbentuk Bank Garansi.

Bank Garansi atau Bank Guarantee adalah tipe layanan perbankan yang mempunyai peranan khusus sebagai jaminan atas satu transaksi bisnis. Nah, sepanjang menjalankan suatu aktivitas usaha, tentu paling tidak ada banyak proyek yang realisasinya diberikan kepada pihak lain.

Supaya pihak lainnya terima tanggung-jawab dan pekerjaan sebagai eksekutor proyek itu bisa penuhi komitmennya sama sesuai kontrak. Karena itu, diperlukanlah layanan Bank Guarantee.

Pihak Bank sendiri memberi layanan Bank Guarantee ini untuk menambah kepercayaan pebisnis pada pihak lain dan meminimalkan risiko rugi yang bisa terjadi.

Lalu, apakah itu Bank Guarantee? Sebagai satu garansi/jaminan pembayaran dari bank untuk Yang menerima Jaminan (Obligee) jika pihak yang ditanggung (Nasabah Bank itu/Principal) tidak bisa penuhi kewajiban atau cedera janji (wanprestasi).

Dalam Bank Guarantee sendiri pihak Bank akan mengikatkan diri ke Yang menerima Jaminan dalam periode waktu dan dengan persyaratan tertentu. Jika Nasabahnya (Principal) tidak penuhi tangungjawabnya, karena itu Pihak Bank yang sudah menggantikan resiko tersebut harus cairkan dan membayar claim kepada pihak Yang menerima Jaminan (Obligee).

Bank Guarantee dalam Konsep Bank Syariah

Dalam konsep Bank Syariah, Bank Guarantee dikenali dengan istilah Al-Kafalah di mana bank akan memberi jaminan ini sebagai garansi pelaksanaan proyek. Pihak Terjamin/Nasabah Bank/Principal/Pelaksana Proyek akan menyerahkan uang jaminan itu memakai Konsep Al-Wadiah.

Apa Semua Bank Dapat Menerbitkan Bank Garansi?

Tidak semua bank bisa mengeluarkan Bank Guarantee ini. Dikutip dari situs Kompas.com, cuma beberapa bank yang mempunyai rekam jejak baik di mata masyarakatlah yang bisa mengeluarkan Bank Guarantee ini.

Masalahnya Yang menerima Jaminan harus yakin jika Bank Penjamin bisa gantikan posisi sang Terjamin dan sanggup penuhi kewajibannya seandainya sang Terjamin lakukan tindak wanprestasi hingga Yang menerima Agunan dapat terbebas dari risiko rugi.

Keuntungan pokok dari ada Bank Garansi untuk pemilik proyek sudah pasti sebagai jaminan/garansi/pelindungan bila Pelaksana Proyek tidak bisa lakukan kewajibannya seperti yang tercantum dalam kontrak yang berjalan.

Entahlah itu, mendadak Pelaksana Proyek memundurkan diri, lupa melakukan pekerjaan, tidak jalankan periode perawatan secara baik, turut serta dalam tindak KKN, tidak bisa kembalikan tersisa uang muka, dan lain-lain.

Jaminan Bank Garansi sudah pasti akan makin meminimalkan rugi yang dijamin oleh Pemilik Proyek. Karena itu, Bank Guarantee ini sering menjadi salah satunya persyaratan wajib di dalam Penerapan Proyek Konstruksi, Penyediaan Barang dan Jasa, dan Transaksi bisnis yang lain.

Hadirnya Bank Garansi ini sanggup membuat lancar pekerjaan atau cash flow dan barang. Disamping itu, keuntungan yang lain menurut Malayu S.P Hasibuan (2006:142) untuk Pemilik Proyek ialah :

  • Mempermudah penataan bujet karena pengadaan barang sudah dikontrak/leveransir.
  • Penerapan proyek lebih terjaga karena penjaminnya dua pihak (Bank dan pihak Pelaksana proyek).
  • Stok tehnis beberapa barang lebih sedikit, kerusakan kecil, dan pergudangan kecil, stok beberapa barang cukup hanya stok ekonomis saja.
  • Dampak inflasi bisa dikurangkan karena pembelian sudah ditanggung kontraktor/leveransir Bank Garansi.

Manfaat Bank Garansi Bagi Pemilik Proyek

Perlu Info Lebih Lanjut ?

Anda inginkan semakin banyak info tentang Bank Guarantee ini? Ingin konsultasi langsung dengan pakarnya? Kebingungan pilih Surety Company/Bank terbaik yang dapat mengeluarkan Bank Guarantee ini untuk Anda?

Jangan sangsi untuk mengontak kami ya!

Kami ialah Perusahaan Agen Penjamin Paling dipercaya yang fokus dalam sektor Service Jasa Marketing dan Penerbitan Produk Penjaminan Proyek/Tugas Tanpa Jaminan/Collateral 100% berbentuk Bank Garansi/Guarantee yang diedarkan oleh Perusahaan Perbankan dan Surety Bond yang diedarkan oleh Perusahaan Penjaminan yang sudah mempunyai ijin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Demikian ulasan ini kali Manfaat Bank Garansi Bagi Pemilik Proyek. Mudah-mudahan berguna ya.

Baca juga info terkait:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *