Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan

Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan – Seperti yang diketahui bahwa jaminan uang muka kini menjadi hal penting bagi pengusaha untuk dapat mempermudah proses dalam suatu proyek. Biasanya jaminan ini digunakan dalam proyek konstruksi.

Pada dasarnya jaminan ini sendiri nantinya akan diterbitkan oleh perusahaan asuransi untuk dapat menjamin pemilik bahwasannya pelaksana pekerjaan dapat mengembalikan uang muka. Tentunya nantinya jaminan ini akan dilakukan berdasarkan perjanjian dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Perjanjian ini sendiri nantinya juga akan mendapatkan ketentuan bahwasannya uang muka tidak dapat dikembalikan secara penuh. Ketentuan ini berlaku bilamana principal atau pelaksana tidak mampu melaksanakan pekerjaan hingga selesai.

Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan

Pada keadaan inilah kemudian perusahaan asuransi akan berperan dalam mengembalikan uang muka kepada pemilik atau pemberi kerja. Nantinya jumlah uang muka yang dikembalikan oleh perusahaan asuransi Surety Company akan dikurangi sesuai dengan pengembalian yang dilakukan pelaksana kerja.

Tentunya dengan adanya jaminan ini, maka pemilik kerja bisa mendapatkan jaminan atas proyek besar yang tengah dijalankan bersama pelaksana kerja. Hal ini pun juga telah diatur sesuai dengan Keppres RI nomor 88 2003.

Nantinya jaminan berupa uang muka ini sendiri akan ditentukan dan disesuaikan dengan persentase tertentu. Hal ini disesuaikan dengan besar nilai proyek itu sendiri. Pada umumnya adalah 30 persen dibanding nilai proyek utama.

Pada peraturan yang ada pun jaminan ini juga memiliki aturan pembayaran tidak penuh. Hal ini terjadi apabila nantinya pelaksana kerja tidak berhasil menyelesaikan pekerjaan dari pemberi kerja. 

Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan

Persyaratan dalam Pengajuan Jaminan untuk Uang Muka

Nantinya pemilik proyek pun bisa mendapatkan berbagai keuntungan melalui adanya jaminan ini untuk memperlancar proyek. Nah, berikut ini adalah beberapa syarat umum yang perlu dilengkapi nasabah baru yang ingin mengajukan jaminan:

1. Melengkapi Formulir untuk Pendaftaran

Persyaratan pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik proyek adalah melengkapi formulir dari pendaftaran pengajuan jaminan. Melalui formulir inilah nantinya data perusahaan serta pihak yang mengajukan dapat diproses.

Pastikan bahwa dalam pengisian formulir ini dilakukan dengan benar. Tentunya pastikan juga bahwa tidak ada kesalahan informasi saat pengisian formulir. Adanya kesalahan dalam pengisian formulir ini bisa menjadi penyebab pengajuan tidak diterima.

2. Memberikan Kelengkapan Profil Perusahaan

Melengkapi profil tentang pendirian perusahaan seperti halnya akta perusahaan adalah bagian penting lain yang harus dipenuhi oleh Obligee atau pemilik proyek. Adanya akta perusahaan inilah nantinya perusahaan asuransi dapat melakukan analisa terkait perusahaan.

Tentunya melalui akta ini pula nantinya perusahaan asuransi dapat mengetahui kelengkapan data terkait tanggal serta tahun berdirinya perusahaan. Nama dan juga jenis perusahaan yang didirikan pun dapat diketahui melalui akta ini.

3. Melengkapi Dokumen Legalitas

Kelengkapan terkait legalitas dari pendirian perusahaan juga menjadi data penting lain yang perlu dilengkapi untuk mengajukan jaminan uang muka. Mulai dari SIUP hingga IUI adalah bagian dokumen yang perlu dilengkapi.

Melalui dokumen legalitas inilah nantinya perusahaan asuransi dapat mempertimbangkan pengajuan. Hal ini karena pada dasarnya perusahaan asuransi juga tidak akan menerima bila dokumen legalitas pun tidak lengkap.

Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan

PT Mitra Jasa Insurance siap melindungi proyek Anda dengan berbagai jaminan sebagai layanan utama kami. Hubungi kami segera untuk mendapatkan Info Jaminan Uang Muka | Penjamin Kontra Bank Garansi di Pasuruan.

Kontak Kami :

PT.MITRA JASA INSURANCE
GEDUNG EPIWALK LT.5 UNIT B 547-548 KOMPLEK RASUNA EPICENTRUM ,JL.HR RASUNA SAID RT.002 RW.005 KARET KUNINGAN SETIA

Email : Siratbms90@gmail.com

Hubungi VIA WA 081293855599

Referensi  :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *